Suwartini S.Psi.

Sang pejuang.menjadi guru adalah panggilan hati.menulis dapat menenangkan jiwa dan memberikan semangat bagi diri sendiri maupun orang lain.dengan menulis menjad...

Selengkapnya
Navigasi Web
T.133(10)' Belajar Sukses Saat Pandemi'

T.133(10)' Belajar Sukses Saat Pandemi'

By: Suwartinitonet/bunda Alqi

Kegiatan belajar dirumah saat pandemi bagi banyak anak kurang digemari, hal ini dikarenakan anak-anak sudah terbiasa dengan rutinitas kebersamaan belajar bersama teman. Memunculkan semangat pada anak agar tertarik mengerjakan tugas yang diberikan guru banyak cara yang bisa dilakukan diantaranya:

1. Orangtua bersama anak membuka wa group kelas, membaca tugas hari itu

2. Orangtua menyiapkan buku pelajaran pada hari itu, mengkondisikan anak untuk bersama-sama mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Orangtua disini mendampinggi, memberi supoort kepada anak, membantu anak dalam memahami pelajaran jika anak kesulitan. Bagi anak-anak yang sudah terlihat mandiri dan nyaman bisa sendiri orangtua cukup mendampinggi sebentar atau hanya menyiapkan buku pelajaran anak pada hari itu serta mensupport anak, setelah itu anak bisa ditinggal.

3. Sebelum anak mengerjakan tugas perhatikan kondisi kebutuhan perut anak, jika anak kenyang maka dapat mendukung konsentrasi dan ketahanan anak.

4.Cek jawaban anak, jika anak dapat mandiri, maka sesekali datangi anak liat cara anak mengerjakan tugas, jika kesulitan beri pemahaman dan bantu.

5.Tipe anak dalam belajar berbeda-beda ada yang belajar harus didampinggi cemilan, ada yang tambah semamgat dengan diberi musik, ada juga sambil nonton tv, kebanyakan membutuhkan kondisi tenang dan sunyi. Perhatikan ini pada masing-masing anak kita, maka ambil tindakan yang tepat.

6. Setelah selesai satu tugas beri kesempatan anak untuk istirahat, bisa juga saat semangat anak turun ( anak malas belajar) orangtua bisa juga meliburkan belajar pada hari itu. Lakukan besok harinya

7.Selalu supoort anak dengan mendampinggi saat belajar,jika orangtua ada waktu, jika tidak sempatkan cek tugas anak.

8.Berikan hadiah kepada anak jika selesai mengerjakan tugas dengan memasakan makanan kesukaan, membelikan makanan kesukaan, lebih memanjakan anak dengan memberi waktu bersama lebih banyak

9. Melihatkan poto anak saat belajar, begitupun dalam melihat photo atau vidio teman-teman anak yang sukses menyelesaikan tugas sekolah ( membuka wa group kelas) untuk memunculkan semangat juang anak.

10. Tidak henti menyiapkan bahan belajar anak dan mendampinggi atau mensupoort anak

11.dll

Begitu salam kami untuk semua!

#Tantangan 133 (10) Gurusiana

#Happy Parenting

#Semoga covid-19 segera pergi

#San Pejuang 31-5-2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kiat yang sangat bermanfaat Bun

01 Jun
Balas

Mantul kiatnya.

31 May
Balas

Siip

31 May
Balas

Teeimakasih pak sdh berkunjung. Nanti kami insyaAllah berkunjung balik.smg sehat sll

31 May

Manfaat sekali untk saya terapkan bun

01 Jun
Balas



search

New Post